Pages

Cewek Cantik = Cewek Kosmetik

[D'Rise-#16] Siapa sangka Lady Gaga bakal masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh versi majalah Forbes yang terkenal dengan list-nya itu. Kebayang betapa nyentrik penampilan Lady GaGa, mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Cantik ? Relatif sih, yang pasti full make up. Dengan perabot kosmetik yang makin menggila, perempuan yang tua bisa kelihatan awet muda, yang chubby bisa terlihat lebih imut, bahkan yang hitam bisa terlihat lebih putih dari biasanya.

Jaman sekarang, perempuan ‘ngeri’ jika keluar tanpa make up. Sebab mereka khawatir entar jerawat serta ‘aib-aib lain di wajah mereka’ ketauan ama orang lain. Ck ck ck… seolah-olah, topeng kecantikan jauh lebih baik daripada harus menampakkan wajah yang sebenarnya. Emang bener, cewek cantik harus selalu berbalut kosmetik? “Cewek cntik g harus brkosmetik. Kalaupun brkosmetik ala kadarny aj jgn mpe berlebihan. Cewek cantik y yg hatiny cntik. Kalo secara pribadi, wanita yg mukany bercahaya krn slalu terkena air wudhu dan ia selalu tersenyumlah yg terlihat cantik dr luar. :)” tulis Salsabila, di wall group FB drise. Hal senada dikuatkan Neneng Wahyuni di wallnya page FB majalah Drise! “g bget menurut yg aq pahami cantik tuh bukan seberapa mahal n komplit kosmetik tpi seberapa jauh dia memahami jati diriny....”
Driser, menyukai kecantikan dan keindahan adalah salah satu fitrah wanita dan perasaan ingin cantik ini adalah nikmat Allah SWT. Namun, salah kaprah tentang kecantikan membuat cewek-cewek tergoda untuk membeli kosmetika yang dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka dan mulai melalaikan koridor syari’at yang telah mengatur batasan-batasan untuk tampil cantik. Ada yang harap-harap cemas mengoleskan pemutih kulit, pelurus rambut, mencukur alis, mengeriting bulu mata, mengecat rambut sampai pada usaha memancungkan hidung melalui serangkaian treatment silikon. Idih, ngiri sama pinokio ya?
Allah swt mengingatkan kita: “Janganlah kalian (wahai istri-istri Nabi) bertabarruj/bersolek sebagaimana tabarruj orang-orang jahiliah yang awal.” (Al-Ahzab: 33)
Ibnul Atsir rahimahullahu berkata: “Tabarruj adalah menampakkan perhiasan kepada laki-laki yang bukan mahram (ajnabi). Perbuatan seperti ini jelas tercela. Adapun menampakkan perhiasan kepada suami, tidaklah tercela. Inilah makna dari lafaz hadits, ‘(menampakkan perhiasan) tidak pada tempatnya’.” (An-Nihayah fi Gharibil Hadits). So, hati-hati ya. Jangan sampe niatnya tampil cantik pake kosmetik, malah jadi gak asyik karena berlebihan alias tabarruj. Wallahu’alam [Alga Biru]

BOX
Info Kosmetik yang Wajib Dilirik!
Bersolek di hadapan suami maupun menggunakan kosmetik yang tidak berlebihan diperbolehkan bagi para muslimah. Eits, walaupun diperbolehkan, kita tetap harus waspada pada bahan-bahan pembuatnya. Belum tentu terbuat dari bahan yang dihalalkan oleh Allah Swt. Simak liputan berikut ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Ekstrak Plasenta
Plasenta adalah selaput pembungkus janin dalam kandungan (rahim) ibu sebagai penjamin gizi pada janini, dll. Secara klinis, plasenta dipercaya dapat mencegah penuaan kulit serta mampu meremajakan kulit yang telah keriput, menghaluskan, melembabkan, dan membuat kulit nampak segar sebagaimana layaknya bayi.Plasenta ini biasa digunakan dalam produk hand and body lotion. Dalam dunia kosmetik, plasenta yang dianggap memiliki kualitas terbaik adalah plasenta manusia, pada grade selanjutnya adalah plasenta babi dan dua jenis plasenta itulah yang paling sering digunakan. Hati-hati!
2. Cairan Amnion 
Yaitu cairan ketuban (yang berada di sekitar janin dalam kandungan), berfungsi melindungi janin dari benturan fisik, pelicin (lubricant) pada proses persalinan. Dipercaya dapat membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit (mirip dengan khasiat plasenta). Biasa dipakai dalam pembuatan pelembab, lotion rambut, shampoo, serta berbagai produk perawatan kulit dan kepala lainnya. Sumber cairan amnion biasanya dari babi atau sapi.
3. Glycerine / Gliserol
Yaitu turunan lemak yang diperoleh dari hasil samping dalam pembuatan sabun. Berkhasiat untuk membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit. Dipakai dalam produk hand and body lotion, sabun mandi, pelembab, krim, lipstick, lip glose, dll. Gliserin dapat diperoleh dari lemak hewani (misalnya sapi, babi,dll) dan minyak nabati (misalnya kelapa sawit).
4. Kolagen
Yaitu protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuningan, bila terpapar panas akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem, tidak larut dalam air dan mampu menahan air. Kolagen sangat penting untuk proses pertumbuhan sel, menjaga kelenturan kulit, serta mencegah keriput. Biasa dipakai dalam hand and body lotion, dan pelembab. Dalam dunia industri kosmetik, kolagen biasa diperoleh dari hewani (misalnya sapi dan babi) atau manusia.
5. Asam Alfa Hidroksi (AHA)
Yaitu suatu senyawa kimia yang sangat berguna untuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Dipercaya berkhasiat untuk membuat kulit terasa lebih halus, kenyal dan mantap. Dalam pembuatan AHA, digunakan media yang berasal dari hewan. AHA menjadi haram digunakan jika dalam pembuatannya menggunakan media berupa hewan yang diharamkan.
So, driser mesti cerewet dan rajin cek en ricek deh dengan bahan-bahan kosmetik yang beredar di pasaran. Jangan sampe barang-barang haram nempel di kulit atau badan kita. Iiih...syerem! [Alga Biru]


http://drise-online.com/girly/701-cewek-cantik-cewek-kosmetik.html