Pages

Tablet PC yang Seksi

Ringan dibawa, lengkap fiturnya, dan tampilan keren punya. Tiga syarat inilah yang sering dipake buat nilai kecanggihan sebuah teknologi yang baru nongol. Dan kayanya, Tablet PC layak ikut audisi. Bayangin aja, dengan ukurannya yang portable seukuran buku, cukup ringan masuk tas. Belon lagi dilengkapi sistem operasi terbaru yang memanjakan kerja user di dunia nyata dan dunia maya. Kalo urusan tampilan, jangan ditanya. So pasti asyik punya. Lho, kok bengong sih?! Ups, lupa ngenalin ya.

Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital sehingga user enjoy aja pake stylus alias pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer untuk ketak-ketik. Pertama kali, istilah Tablet PC dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001 untuk produknya dengan sistem operasi khusus seperti Windows XP Tablet.
Kini, tablet PC bukan cuman milik Bill Gates. Udah banyak beredar macam dan tipe Tablet PC dengan berbagai macam sistem operasinya. Sebut saja sistem operasi iOS (Apple) dan Android (Google) yang kini lagi balapan buat mendominasi pasar tablet pc. Dan asyiknya, tablet PC saat ini nggak mesti pake stylus atau keyboard tapi udah dilengkapi fitur handwriting recognition untuk input teks degan tulisan tangan melalui layar sentuh.
Fungsi utama tablet pc adalah untuk mendukung pekerjaan kantor, web, email, internet, permainan dan berbagai dukungan aplikasi-aplikasi lainnya baik yang menghibur maupun yang menunjang produktifitas. Nggak heran kalo semua komputer pribadi tablet memiliki adaptor nirkabel untuk Internet dan koneksi jaringan lokal. Namun, karena komponen perangkat keras komputer portabel ini berspesifikasi rendah, jangan coba-coba dipake buat desain grafis atau ngedit video. Bisi jetlag!
Sejak Apple mengeluarkan produk iPad, banyak vendor ngikut bikin tablet-tablet pc. Mulai dari Samsung dengan Galaxy Tab nya, Motorolla dengan Xoom nya, bahkan sebentar lagi Blackberry pun telah menyiapkan tablet pc yang bernama Playbook, hingga kepada tablet-tablet pc buatan negara china yang harganya sangat miring alias murah.
Apa sih yang bikin para user kepincut PC Tablet, berikut beberapa alasannya:
  • Layar Lebar. Nggak selebar layar TV sih. Tapi cukup lebar untuk menampilkan halaman web penuh dengan tampilan landscape maupun portrait. Setidaknya masih cukup besar ketimbang layar HP.
  • WiFi. Pastinya lebih mudah untuk koneksi ke internet di area hotspot. Gak perlu ribet pasang kabel.
  • 3G HSDPA. Beberapa Tablet sudah dilengkapi dengan teknologi seluler, baik untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik ber-HP: telefon dan sms.
  • Ukuran Sangat Portabel. Mulai dari 5” hingga 14” yang hanya satu muka. Kagak pake buka tutup kaya laptop. So pasti lebih ringkas dan dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
  • Kamera. Beberapa Tablet terutama yang berukuran 7 inchi (layarnya) memiliki kamera dengan kemampuan lebih dari cukup. Baik untuk fotografi mobile, maupun sebagai sarana chat video.
  • Sebuah e-book reader. Dengan dukungan Software yang ciamik, bikin kegiatan membaca buku elektronik di sebuah tablet akan terlihat keren, hilanglah kean ‘Kutu Buku’.
  • Perangkat Gaming 3D. OS yang dibawa masing-masing tablet rupanya sudah memungkinkan untuk permainan bergrafis 3D. Tanpa tombol kontroler fisik, layar sentuh tetap dapat memunculkan kontroler visual yang menyediakan kenyamanan setara. Layar lebih besar dari layar Sony PSP dan NDS XL sekalipun. Plus kontrol yang interaktif dengan moda sentuhan. Ajiib! [341]
BOX
KEKURANGAN TABLET PC
Meski memiliki sejumlah kelebihan yang menawan, tablet juga memiliki kekurangan. Diantaranya:
  • Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh. Kalau pake keyboard wireless atau usb, jadi unix lantaran keyboardnya berukuran lebih besar dari layar Tablet. Wkwkwk...!
  • Kartu Grafis terbatas. Kita memang bisa memainkan Game di sebuah mobile Tablet juga mengutak-atik hasil foto, tapi semua hal itu sangat dibatasi. Dukungan kartu grafis yang tidak se-peworful milik PC atau laptop menjadi alasan utama.
  • Ukuran. Biar kata udah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, tetep Tablet PC bukan pemain pengganti ponsel. Kebayang dong kalo harus ngantongin Tablet PC berlayar 9 inchi atau 7 inchi ke dalam saku kemeja atau celana?
  • Suplai Daya. Lantaran ON terus, otomatis battery mesti dirawat biar tetep yahud buat nyuplai daya. Apalagi dalam keadaan standby, pc Tablet juga nyedot daya yang gak sedikit. Makanya jangan sampe deh battery-nya soak.
  • Dukungan Software dan Kompatibilitas. Nggak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Lantaran OS yang dipake juga macem-macem. Apalagi tiap vendor bisa installin program bawaannya. So, rajin-rajin deh monitoring perkembangan masing-masin OS biar kalo ada trouble, cepet dapet solusinya. [341]
http://drise-online.com/tekno-info/673-tablet-pc-yang-seksi.html